Langkah Membuat Website Sendiri Mudah!

Wednesday, January 20th 2016. | Blogging

Ketika terjun ke dunia online anda mungkin tak akan asing dengan website. Ya hampir 95% pemain online menggunakan website sebagai lapak mereka. Apapun profesi anda baik sebagai Affiliater, penjual produk, konsultan SEO, Product Creator dan sebagainya sudah tentu anda memerlukan tampilan web untuk menampilkan gambaran produk atau jasa yang anda tawarkan.

Pada dasarnya ada 3 cara untuk membuat tampilan informasi di internet atau disebut website/situs. Apa saja ya? Berikut diantaranya :

Cara Membuat Website Sendiri Mudah Ga Ribet

1. Melalui Platform Blog (Blogspot dan WordPress.com)

Sebelum mengenal dunia website, saya terlebih dulu mengenal yang namanya blog. Pada waktu itu saya mengenal 2 platform blog terbesar, populer dan paling banyak digunakan. Ya Blogspot (Blogger.com) dan juga WordPress.com. Disana kita bisa membuat tampilan informasi di internet dengan mudah hanya dengan daftar akun, isi nama sub domain misal (blogsaya.blogspot.com atau blogsaya.wordpress.com). Kemudian kita isi informasi bisa berupa profil pribadi, gambaran produk atau brand. Semuanya mudah bahkan tersedia banyak theme untuk tampilannya tanpa perlu kita mempelajari hal-hal teknis seperti php, html atau pun membutuhkan hosting.

Seiring berkembangnya website kedua media blogging tersebut (Blogspot dan WordPress) dapat di custom dengan nama domain sesuka kita misal www.domainkamu.com. Untuk blogspot kamu bisa beli domain sendiri di penyedia domain lokal maupun luar negeri. Untuk yang lokal misalnya idwebhost.com atau namecheap.com untuk penyedia luar. Terserah mau beli dimana aja kok. Bisa juga membeli secara langsung di Blogger nya.

Begitu pun di platform blogging seperti wordpress.com. Kamu juga bisa mengcustom nama domain sesuka hati. Custom domain di wordpress.com cukup dengan upgrade ke layanan premium saja. Kamu akan disuruh membayar uang sekian dollar untuk layanan tersebut kemudian menentukan nama domainnya.

Lalu mana yang bagus diantara keduanya?

Pada dasarnya keduanya sama saja namun dalam hal blog monetization tentulah custom domain blogspot pilihannya. Karena blogspot mengijinkan penggunanya menggunakan skrip iklan secara bebas. Kita bisa memasang iklan Google Adsense atau pun program pengiklanan yang lain. Sementara di wordpress.com kita tidak diijinkan memasang skrip iklan sendiri. Satu-satunya cara monetization blog adalah dengan menjadi publisher wordads.co Ya memang daftarnya agak sulit dan hasilnya tidak semaksimal Adsense.

2. Melalui CMS (WordPress.org, Joomla, Drupal, dll)

Inilah salah satu cara membuat website favorit saya. Yaitu dengan menggunakan CMS (Content Management System). Yang terkenal adalah WordPress.org. Selain wordpress tentu masih banyak lagi CMS yang lain seperti Joomla, Drupal, OpenCart, Vbulletin, dll.

Lalu apa saja sih kelebihan bikin web dengan CMS misal wordpress.org ketimbang melalui platform blogging misal custom domain blogspot?

Kelebihannya menurut saya adalah dalam hal kustomisasinya. Kita bisa memaksimalkan website, misal dengan tersedianya banyak plugin-plugin pendukung jika CMS yang digunakan adalah WordPress. Ya memang harus ada modal minimal beli domain dan hosting. Dan sedikit pengetahuan tentang server saja. Untuk kustomisasi fitur-fitur lain kita bisa menggunakan plugin-plugin pendukung.

3. Melalui Coding PHP, HTML dan CSS

Untuk pemula memang tidak direkomendasikan karena membuat website melalui coding, kita harus mengetahui bahasa pemrograman web seperti PHP, HTML dan CMS serta hal-hal teknis lainnya. Jika wordpress kita bisa memakai alternatif lain untuk membuat fitur seperti misalnya gambar slide, artikel terkait, random post, popular post, dll. Untuk coding anda harus membuatnya sendiri dengan bahasa pemrograman php dan CSS.

Comments

comments

tags: ,